Korem 011 Lilawangsa Bentangkan Bendera Merah Putih Perdana HUT Ke-75 RI di Dasar Laut

Korem 011 Lilawangsa Bentangkan Bendera Merah Putih Perdana HUT Ke-75 RI di Dasar Laut

LHOKSEUMAWE,(PAB)----

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), Korem 011 Lilawangsa melaksanakan upacara dengan membentangkan bendera Merah Putih di Dasar Laut Perairan Lhokseumawe, tepatnya di Desa Ujung Batee, Selat Malaka, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (17/8/2020).

Pengibaran Sangsaka Serah Putih di Dasar Laut tersebut baru pertama kali diadakan Korem 011/Lilawangsa pada peringatan HUT Ke-75 RI oleh 25 Orang tim penyelam dari TNI-Polri, POSSI Lhokseumawe dan Aceh Utara, SAR Aceh Utara serta mahasiswa Universitas Malikussaleh berlangsung dimulai pada pukul 09.30 WIB.

IMG-20200817-WA0041Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan kegiatan mengibarkan bendera di dasar laut dengan kedalaman enam meter tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peringatan hari kemerdekaan RI ini memiliki makna yang sama di seluruh penjuru Indonesia, maka patut disyukuri, karena kemerdekaan tersebut lahir berkat usaha perjuangan dan pengorbanan seluruh komponen masyarakat,” sebut Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro.

Danrem Baskoro mengaku bahwa makna kemerdekaan yang sesungguhnya adalah sebagaimana kita seluruh Rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan memperingati Kemerdekaan tersebut dalam bingkai NKRI melalui memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia di seluruh tanah air.

“Tantangan kemerdekaan itu adalah bagaimana mengisi kemerdekaan itu, bagaimana kita merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari kebodohan,”katanya.

Ia menyebutkan, sebanyak 25 penyelam  terlibat dalam prosesi pengibaran bendera merah putih di dasar laut perairan Lhokseumawe dengan kedalaman enam meter dibawah permukaan laut.

“Ya ada 25 orang penyelam yang bertugas di dasar laut membentangkan bendera merah putih,”katanya.

Dikatakannya, upacara peringatan HUT RI ke-75 untuk tahun ini dilakukan dengan cara berbeda itu adalah yang pertama kali dilakukan di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

“Dalam mewarnai peringatan hari kemerdekaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di daerah lain ada yang mengibarkan bendera di menara air, gunung dan lain sebagainya. Namun kita hari ini lakukan di dasar laut,”katanya lagi.

IMG-20200817-WA0040Upacara tersebut berlangsung lancar aman dan damai serta dipenuhi ratusan masyarakat yang berkunjung untuk menyaksikan momentum peringatan HUT RI ke-75 di perairan laut Lhokseumawe, termasuk Satu Kapal TNI AL dan sejumlah Speed Boat Satuan Bekang Lhokseumawe, dan sejumlah perahu masyarakat yang begitu antusias mengikuti upacara di dasar Laut tersebut.

Ditambahkan Komandan Korem  011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro kepada wartawan, mengatakan bahwa pihaknya memaknai hari kemerdekaan Republik Indonesia kali ini sedikit berbeda. Jajaran Korem mulai dari Pidie, Bireuen hingga Aceh Tamiang dengan mengibarkan bendera merah putih ada yang di tiang telkomsel, menara air maupun di gunung.

“Kalau kita melakukan pengibaran bendera dari dasar laut dengan maknanya yang sama. Kemerdekaan ini kita syukuri dan hasil dari kerja sama dan juga pengerbonan semua komponen masyarakat baik TNI, Polri, dan unsur lainnya,” kata Sumirating Baskoro.

Acara begitu antusias diikuti para prajurit TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa dan warga masyarakat setempat Kota Lhokseumawe.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih turut dilaksanakan penghormatan oleh Danrem 011/Lilawangsa beserta ratusan peserta yang hadir dengan mengikuti aba-aba dari bawah laut dengan tanda timbulnya pelampung.

Usai pelaksanaan upacara, seluruh tim penyelam diajak foto bersama Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 Ny Yova Baskoro dan peserta tamu yang hadir.(Ril/Evi)

Berita Lainnya

Index